Senin, 06 Desember 2021

ESSAI KECIL PT 13

 


ESSAI KECIL MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN OFFERING C12 PERTEMUAN KETIGABELAS

 

Dosen Pengampu:

Prof. Dr. Parno, M.Si

 



 

Disusun Oleh:

GUSTI INDRA TANIO   (200741637258)

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU SOSIAL

S1 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL



“Cara Membuat Rancangan Program Pembelajaran K13”

Langkah-langkah pembuatan RPP sebagai berikut

1. Mengisi Identitas RPP

Mengisi identitas sekolah atau nama satuan pendidikan, identitas mata pelajaran atau tema/subtema, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.

2. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

3. Mencantumkan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi dasar (KD) dan indikator pada setiap muatan pembelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP sudah ada pada buku guru, jadi dikutip saja. KD 1 (Sikap spiritual) dan KD 2 (Sikap sosial) disesuaikan dengan KI apabila belum ada pada buku guru.

4. Mencantumkan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi. Kalian cukup meringkas materi yang ada pada buku siswa.

5. Memilih Metode Pembelajaran.

Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.

6. Memilih Media Pembelajaran

Media pembelajaran berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.

7. Memilih Sumber Belajar

Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.

8. Membuat Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar