ESSAI KECIL MATA KULIAH BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN OFFERING C12 PERTEMUAN KESEBELAS
Dosen Pengampu:
Prof.
Dr. Parno, M.Si
Disusun Oleh:
GUSTI INDRA TANIO (200741637258)
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
S1 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
“Ragam Taksonomi Variabel Hasil Dalam Pembelajaran”
Pembelajaran
merupakan rangkaian kegiatan yang kompleks yang melibatkan interaksi peserta
didik dengan pendidik serta tidak terlepas dari interaksi dengan berbagai
sumber belajar pada suatu ligkungan belajar.
Menurut
Regeluth, dkk (1977) klasifikasi variable pembelajaran di bedakan atas 3
variabel:
1. Variable Kondisi
Variable
kondisi dimaknai sebagai faktor yang mempengaruhi efek metode dalam
meningkatkan hasil pengajaran. Meriil dan Reigeluth mengelompokkan variabel
kondisi menjadi tiga, meliputi :
a. Tujuan dan
Karakteristik Bidang Studi
Tujuan suatu bidang
studi adalah pertanyaan tentang hasil atau produk pembelajaran diharapkan atau
hendak dicapai.
b. Kendala dan Karakteristik
Bidang Studi
Dalam pelaksanaan
pembelajaran pasti akan ditemui berbagai kendala pembelajaran. Kendala di
artikan sebagai keterbatasan sumber-sumber dalam proses pembelajaran, seperti
media, waktu personalia, dan uang.
c. Karakteristik peserta
didik
Karakteristik peserta
didik yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri dan bersifat
internal.
2. Variabel Metode
Metode
pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda sesuai materi yang di ajarkan.
Sehingga antara kondisi, metode dan hasil memiliki hubungan yang erat. Ketika
seorang pendidik mengetahui kondisi kelas dengan berbagai klafikasinya dan
berhasil menentukan metode pembelajaran maka dapat dilihat hasil
pembelajarannya. Variabel metode pengajaran diklafikasikan lebih lanjut menjadi
tiga jenis, yaitu :
a. Organizational
Strategy (strategi pengorganisasian)
Strategi mengorganisasi
isi pengajaran berkaitan pada cara untuk membuat urutan dan mensistensis fakta,
konsep, prosedur, atau prinsip yang terkandung dalam suatu bidang studi.
b. Delivery Strategy
(stategi penyampaian)
Stategi penyampaian
mengacu pada cara-cara yang dipakai untuk menyampaiakan pengajaran kepada
peserta didik dan sekaligus untuk menerima serta merespon masukan-masukan dari
peserta didik yang mencangkup lingkungan fisik, pendidik,bahan-bahan
pengajaran.
c. Management Strategy
(strategi pengelolaan)
Strategi pengelolaan
berkaitan dengan penempatan waktu suatu strategi atau komponen suatu strategi
tepat dipakai dalam suatu situasi pengajaran.
3. Variabel hasil
Hasil
pengajaran adalah semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang
nilai dari penggunaan metode pengajaran di bawah kondisi yang berbeda. Terdapat
tiga jenis hasil pengajaran, yaitu keefektifan, efisiensi, dan daya tarik.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar