Senin, 22 November 2021

ESSAI KECIL PT 11

 

ESSAI KECIL MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN OFFERING C12 PERTEMUAN KESEBELAS

 

Dosen Pengampu:

Prof. Dr. Parno, M.Si

 









 

Disusun Oleh:

GUSTI INDRA TANIO   (200741637258)

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU SOSIAL

S1 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 


“Ragam Taksonomi Variabel Hasil Dalam Pembelajaran”

Pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang kompleks yang melibatkan interaksi peserta didik dengan pendidik serta tidak terlepas dari interaksi dengan berbagai sumber belajar pada suatu ligkungan belajar.

Menurut Regeluth, dkk (1977) klasifikasi variable pembelajaran di bedakan atas 3 variabel:

1. Variable Kondisi

Variable kondisi dimaknai sebagai faktor yang mempengaruhi efek metode dalam meningkatkan hasil pengajaran. Meriil dan Reigeluth mengelompokkan variabel kondisi menjadi tiga, meliputi :

a. Tujuan dan Karakteristik Bidang Studi

Tujuan suatu bidang studi adalah pertanyaan tentang hasil atau produk pembelajaran diharapkan atau hendak dicapai.

b. Kendala dan Karakteristik Bidang Studi

Dalam pelaksanaan pembelajaran pasti akan ditemui berbagai kendala pembelajaran. Kendala di artikan sebagai keterbatasan sumber-sumber dalam proses pembelajaran, seperti media, waktu personalia, dan uang.

c. Karakteristik peserta didik

Karakteristik peserta didik yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri dan bersifat internal. 

2. Variabel Metode

Metode pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda sesuai materi yang di ajarkan. Sehingga antara kondisi, metode dan hasil memiliki hubungan yang erat. Ketika seorang pendidik mengetahui kondisi kelas dengan berbagai klafikasinya dan berhasil menentukan metode pembelajaran maka dapat dilihat hasil pembelajarannya. Variabel metode pengajaran diklafikasikan lebih lanjut menjadi tiga jenis, yaitu :

a. Organizational Strategy (strategi pengorganisasian)

Strategi mengorganisasi isi pengajaran berkaitan pada cara untuk membuat urutan dan mensistensis fakta, konsep, prosedur, atau prinsip yang terkandung dalam suatu bidang studi. 

b. Delivery Strategy (stategi penyampaian)

Stategi penyampaian mengacu pada cara-cara yang dipakai untuk menyampaiakan pengajaran kepada peserta didik dan sekaligus untuk menerima serta merespon masukan-masukan dari peserta didik yang mencangkup lingkungan fisik, pendidik,bahan-bahan pengajaran.

c. Management Strategy (strategi pengelolaan)

Strategi pengelolaan berkaitan dengan penempatan waktu suatu strategi atau komponen suatu strategi tepat dipakai dalam suatu situasi pengajaran.

3. Variabel hasil

Hasil pengajaran adalah semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pengajaran di bawah kondisi yang berbeda. Terdapat tiga jenis hasil pengajaran, yaitu keefektifan, efisiensi, dan daya tarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar